Buah Manis Komitmen Shin Tae-yong di Timnas Indonesia dan Kilauan Performa Witan Sulaeman

Buah kerja keras Shin Tae yong di Timnas Indonesia perlahan namun pasti mulai menunjukkan hasil yang memuaskan. Tiga laga straight kemenangan menjadi bukti sahih bahwa evaluasi dan pembenahan yang dilakukan Shin Tae yong terbilang sukses besar. Tren positif menghampiri Timnas Indonesia tatkala meraih kemenangan di play off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae yong sukses menggasak Taiwan lewat agregat akhir 5 1. Pada leg pertama, Ramai Rumakiek dan kolega membubuhkan skor akhir 2 1. Kemudian dilanjutkan pada pertemuan kedua, skuat Garuda menang mutlak tiga gol tanpa balas. Tentu saja menjadi sorotan tak hanya bagaimana cara bermain maupun perbaikan sisi fisik pemain.

Akan tetapi, juru taktik asal Korea Selatan ini benar benar membuktikan hasil memuaskan pada sistem regenerasi yang diterapkan. Timnas Indonesia yang berlaga di play off Kualifikasi Piala Asia 2022 banyak mengandalkan pemain muda. Sebut saja Egy Maulana, Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek hingga Rachmat Irianto menjadi "bintang" baru di bawah polesan tangan dingin Shin Tae yong.

Meski demikian, juru taktik yang terkenal dengan sikap tegas dan disiplinnya itu tak mengabaikan kebutuhan pemain senior. Adalah Kushedya Hari Yudo, Evan Dimas maupun Viktor Igbonefo menjadi penyempurna taktikal ala juru taktik kKorsel ini. Terbaru, Timnas Indonesia kembali menuai kemenangan di level U 23. Tepatnya saat melakon laga uji coba melawan Tajikistan, skuat garuda muda menang dengan skor 2 1.

Meski sempat tertinggal di menit awal laga, namun Ramai Rumakiek dan kolega berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2 1. Menjadi sorotan tentunya bagaimana Shin berhasil membawa Timnas Indonesia level senior dan U23 meraih kemenangan dalam tiga laga beruntun. Tak hanya masalah pola permainan yang mengalami perubahan, namun statistik lini serang mereka yang patut diapresiasi.

Tercatat, dari tiga laga terbaru, Timnas Indonesia berhasil membukukan tujuh gol. Secara rataan gol, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae yong membukukan dua gol per laga. Pencapaian ini tergolong menawan.

Terlebih dari itu, satu pemain yang mendapatkan sorotan ialah Witan Sulaeman. Pemain milik klub Polandia, Lechia Gdansk ini tampil sensasional dalam dua laga terakhir. Bersama timnas senior, Witan membukukan satu gol dalam kemenangan 3 0 atas Taiwan.

Nyatanya, performa pemain yang mengemban tugas sebagai penyerang sayap tak berhenti sampai di situ saja. Ia menjadi "dalang" kemenangan skuat garuda muda tatkala menjinakkan Tajikistan. Witan menyumbangkan satu assist untuk gol penentu kemenangan yang dibukukan Bagus Kahfi.

Sebagai catatan sja, sejumlah pemain muda yang berlaga di play off Kualifikasi Piala Asia 2023 ambil bagian di timnas U 23. Keputusan yang diambil oleh Shin menunjukkan bagaimana sejak awal juru taktik asal Korsel ini berkomitmen untuk memperbaiki sepak bola Tanah Air melalui sistem regenerasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.